cover
Contact Name
pramesti
Contact Email
fadesti@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
fadesti@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Brikolase : Jurnal Kajian Teori, Praktik dan Wacana Seni Budaya Rupa
ISSN : 20870795     EISSN : 26220652     DOI : -
Core Subject : Humanities, Art,
The main focus of this journal is to promote global discussion forums and interdisciplinary exchanges among academics, practitioners and researchers of visual arts and visual culture. Series will encourage practice and research innovation that focuses on visual arts and visual culture, contributing to a better understanding of the highly dynamic development of dynamic theories, practices and discourses of visual art and visual culture.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 1 (2020)" : 6 Documents clear
CETAK TELAPAK TANGAN SEBAGAI STRATEGI KREATIF PENCIPTAAN KARYA SENI RUPA POTRET TOKOH WAYANG Much. Sofwan Zarkasi; Bening Tri Suwasono
Brikolase : Jurnal Kajian Teori, Praktik dan Wacana Seni Budaya Rupa Vol 12, No 1 (2020)
Publisher : Institut Seni Indoensia Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33153/brikolase.v12i1.3305

Abstract

Artistic research which took the title of Printing the Palm as a Creative Strategy in the Creation of Portrait of Wayang Figure, in 2019 by Much. Sofwan Zarkasi and Bening Tri Suwasono, based on the existing opportunities related to creativity and experimentation in fine art that utilizes print printing techniques. One of them is creating mono print graphic art with primitive printing process utilizing the palm of the hand, to bring up images of wayang figures on the surface of canvas or paper. So this research aims to open up opportunities as wide as possible related to creativity in print art print. The method applied in artistic research in the form of the creation of this work is the creation method of L.H. Chapman who divided the three stages in the process of creation, namely 1) Finding Ideas, 2) Perfecting, developing and consolidating initial ideas, 3) visualization of the media. Experimentation in this creation process is the technique of printing the palm of the hand on the surface of the canvas or paper, the result of which is a monoprint of graphic artwork in the form of a picture that has a unique character, namely the appearance of a handprint shape in which there is a portrait picture of a puppet character.It is hoped that the Printing of Palm as a Creative Strategy for the Creation of a Portrait of Puppet Art which has a dimension of tradition can provide a diversity of innovations, both techniques and forms, in the development of visual arts, especially printing. AbstrakPenelitian artistik yang mengambil judul Cetak Telapak Tangan Sebagai Strategi Kreatif Penciptaan Karya Seni Rupa Potret Tokoh Wayang, tahun 2019 oleh Much. Sofwan Zarkasi dan Bening Tri Suwasono ini, didasari adanya peluang yang ada terkait kreatifitas dan eksperimentasi pada karya seni rupa yang memanfaatkan teknik cetak mencetak. Salah satunya adalah menciptakan karya seni grafis mono print dengan proses cetak primitive memanfaatkan telapak tangan, untuk memunculkan gambar tokoh wayang pada permukaan kanvas atau kertas. Maka penelitian ini bertujuan untuk membuka peluang selebar-lebarnya terkait kreatifitas pada karya seni rupa cetak mencetak.Metode yang diterapkan dalam penelitian artistik berupa penciptaan karya ini adalah metode penciptaan dari L.H. Chapman yang membagi tiga tahapan dalam proses penciptaan, yaitu 1) Menemukan Gagasan, 2) Menyempurnakan, mengembangkan dan memantapkan gagasan awal, 3) visualisasi pada media. Eksperimentasi pada proses penciptaan ini adalah teknik cetak telapak tangan pada permukaan kanvas atau kertas, yang hasilnya adalah karya seni garfis monoprint berupa cetakan gambar yang memiliki karakter unik yaitu munculnya bentuk cetakan tangan yang di dalamnya terdapat gambar potret tokoh wayang.Diharapkan Cetak Telapak Tangan Sebagai Strategi Kreatif Penciptaan Karya Seni Rupa Potret Tokoh Wayang yang berdimensi tradisi ini bisa memberi keragaman inovasi baik teknik maupun bentuk pada perkembangan karya seni rupa terutama seni cetak mencetak
HUBUNGAN SUNGAI DENGAN AKTIVITAS MANUSIA SEBAGAI SUMBER INSPIRASI PENCIPTAAN KARYA SENI LUKIS Mohammad Agam Dozan; Henry Cholis
Brikolase : Jurnal Kajian Teori, Praktik dan Wacana Seni Budaya Rupa Vol 12, No 1 (2020)
Publisher : Institut Seni Indoensia Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33153/brikolase.v12i1.3211

Abstract

Experience and knowledge about the condition of declining river health due to human activity, stir up empathy, emotion, and hope about a healthy river so that people are able to feel the adequacy, health, peace, and happiness, and The health of the river in environmental integration. The creation of this work aims to create art paintings with a source of inspiration; A river relationship with human activities, explaining the concept, the process of creation, and a description of the painting artwork. Hope about a healthy river expressed in painting works by processing elements and principles of visual composition, through the study of the process and the concept of creation of works, using a plaque technique with acrylic paint media on the canvas.  AbstrakPengalaman dan pengetahuan tentang kondisi penurunan kesehatan sungai akibat aktivitas manusia, menggugah empati, emosi, dan harapan tentang sungai yang sehat sehingga manusia mampu merasakan ketercukupan, kesehatan, kedamaian, dan kebahagian, serta berartinya kesehatan sungai dalam integrasi lingkungan hidup. Penciptaan karya ini bertujuan untuk menciptakan karya seni lukis dengan sumber inspirasi; hubungan sungai dengan aktivitas manusia, menjelaskan konsep, proses penciptaan, dan deskripsi karya seni lukis. Harapan tentang sungai yang sehat diekspresikan dalam karya seni lukis dengan mengolah unsur dan prinsip komposisi visual, melalui studi proses dan konsep penciptaan karya, menggunakan teknik plakat dengan media cat akrilik pada kanvas. 
GAYA INTERIOR RUMAH DINAS BUPATI BLITAR Mohammad Nur Farchan Attamami; Joko Budiwiyanto
Brikolase : Jurnal Kajian Teori, Praktik dan Wacana Seni Budaya Rupa Vol 12, No 1 (2020)
Publisher : Institut Seni Indoensia Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33153/brikolase.v12i1.3197

Abstract

The research entitled Interior Style of the Blitar Regent's Official House aims to determine the interior style of the house. Blitar was originally the kingdom of the Surakarta Sunanate. In 1830, the Surakarta Sunanate began to hand over Blitar to the Dutch as a consequence of Dutch assistance to the Kasunanan after the end of the Diponegara War. The Dutch government subsequently appointed a new regent as the ruler of Blitar complete with government support facilities, including the regent's official residence. The uniqueness of the official residence of the Blitar Regent is that it was built by combining the Surakartanan and Dutch styles to produce a new interior style. To achieve the goal, a descriptive qualitative research method is used with an interior style approach. The sources used in this research are sources, literature data, places/buildings, and pictures. The interior of the Blitar Regent's official residence is a combination of Javanese style and Dutch style called Indis style. The application of the Javanese style can be found in the arrangement of spaces, space zoning, and direction towards space. From a visual point of view, the Javanese style is more prominent in the front room area, especially the pendapa with the form of an open space composed of saka and the use of Javanese-style ornaments. The Indies style is more prominent in the main house area. Indische style in the main house can be seen from the space plan and the elements that form the space, especially the pillars lining the veranda area and the shape of the towering buildings. The Javanese style that appears on the front is the government's attempt at that time to show that Blitar is still part of Javanese society, especially the Surakarta Sunanate Kingdom. The colonial-style manifestation of the main house was an attempt by the Colonial government to show that the Blitar government was under the control of the colonial government at that time. AbstrakPenelitian dengan judul Gaya Interior Rumah Dinas Bupati Blitar bertujuan untuk mengetahui gaya interior pada rumah tersebut. Blitar pada awalnya merupakan wilayah kerajaan Kasunanan Surakarta. Pada tahun 1830, Blitar mulai diserahkan oleh Kasunanan Surakarta kepada Belanda sebagai konsekuensi atas bantuan Belanda kepada Kasunanan setelah berakhirnya Perang Diponegara. Pemerintah Belanda selanjutnya mengangkat bupati baru sebagai penguasa Blitar lengkap beserta fasilitas pendukung pemerintahan, di antaranya adalah rumah dinas bupati. Keunikan rumah dinas Bupati Blitar adalah dibangun dengan menggabungkan gaya Surakartanan dan Belanda sehingga menghasilkan gaya interior baru. Untuk mencapai tujuan digunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan gaya interior. Sumber-sumber yang digunakan dalam penelitian ini adalah narasumber, data literatur, tempat/bangunan, dan gambar. Interior rumah dinas Bupati Blitar merupakan gabungan gaya Jawa dan gaya Belanda yang disebut gaya Indis. Penerapan gaya Jawa terdapat pada susunan ruang, zonasi ruang, serta arah hadap ruang. Dari segi visual gaya Jawa lebih menonjol pada area ruang depan terutama pendapa dengan bentuk ruang terbuka yang disusun oleh saka-saka serta digunakannya ornamen-ornamen bergaya Jawa. Adapun gaya Indis lebih menonjol pada area rumah Induk. Gaya Indis pada rumah Induk dapat dilihat dari denah ruang serta elemen pembentuk ruang, terutama adanya pilar-pilar yang berjajar di area beranda (teras) serta bentuk bangunan yang tinggi menjulang. Gaya Jawa yang nampak di bagian depan merupakan usaha pemerintah pada masa itu untuk menunjukkan bahwa Blitar masih bagian dari masyarakat Jawa, khususnya Kerajaan Kasunanan Surakarta. Wujud gaya Kolonial pada rumah induk merupakan usaha pemerintah Kolonial untuk menunjukkan bahwa pemerintah Blitar berada dalam kendali pemerintah kolonial pada masa tersebut.
INSPIRASI PERUPA BATIK DALAM BERKARYA (Studi Kasus pada Batik Kontemporer) ernawati ernawati
Brikolase : Jurnal Kajian Teori, Praktik dan Wacana Seni Budaya Rupa Vol 12, No 1 (2020)
Publisher : Institut Seni Indoensia Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33153/brikolase.v12i1.3120

Abstract

Inspiration is a brainstorm that appears from the spark of creative ideas in its own time and place which is rarely recognizably excepted for the people who have been a soul that are accustomed to training by their selves. This can be done well by the designers based on their expertise. The ability of batik designers who have been trained and experienced in inspiring the inspiration will be, it may influence on the artist of produced batik. In this study, data collection methods used descriptive qualitative method with a semi-structured interview approach because it assumed the implied information which told about the inspiration on their soul of batik artists. The inspiration cannot be determined based on where it will be created, but it can be the first step in the creation of contemporary batik design and contemporary batik artwork that has been formed. For the designers, the process of inspiration is the beginning of dialogue, discovery, and ability of the development process in the process of thinking and working of batik art. All of the visible visuals can be a source of inspiration. Sometimes, the invisible visuals can be a source of inspiration too. The source of inspiration comes at the beginning of the design process and works along with the batik design process. Inspiration defines the design results according to batik designers. What is often assumed as an art inspiration is a fact of an important part of the design process. The methods for inspiring sensitivity and ideas can be done by reading, observing, lateral thinking, socializing, discussing, and brainstorming. AbstrakInspirasi merupakan ilham yang hadir dalam bentuk percikan ide-ide kreatif pada waktu dan tempatnya tersendiri, yang jarang dikenali kecuali yang memiliki jiwa yang sudah terbiasa dengan melatih dirinya. Hal ini, dapat dilakukan dengan baik oleh Perupa dibidangnya. Kemampuan Perupa batik yang telah terlatih dan berpengalaman dalam mengilhami inspirasi yang hadir, berpengaruh terhadap karya batik yang dihasilkan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini mengguakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan wawancara semi terstruktur karena bersifat menyingkap hal yang bersifat tersirat, yaitu inspirasi dalam diri Perupa batik. Inspirasi tidak dapat ditentukan dimana akan tercipta, tetapi inpirasi sebagai langkah awal terciptanya karya batik kontemporer sampai karya seni batik kontemporer itu sendiri telah terbentuk. Bagi para Perupa proses inspirasi merupakan awal mula membuka dialog, penemuan dan proses pengembangan kemampuan dalam proses berpikir dan berkarya seni batik. Semua visual yang terlihat dapat menjadi sumber inspirasi. Beberapa hal yang tidak terlihatpun dapat menjadi sumber inspirasi. Sumber inspirasi datang pada awal proses karya, dan bekerja disepanjang proses karya batik. Insprasi mendefinisikan hasil karya dari Perupa batik. Apa yang sering dianggap sebagai inspirasi seni merupakan fakta bagian penting dari proses dalam karya. Metode untuk kepekaan inspirasi dan ide dapat dilakukan dengan membaca, observasi,  berpikir lateral, serta bersosialisasi dan berdiskusi serta curah gagasan.
EKSPLORASI KERTAS KARBON SEBAGAI ALTERNATIF PENGGANTI TINTA CETAK PADA KARYA SENI GRAFIS Theresia Agustina Sitompul
Brikolase : Jurnal Kajian Teori, Praktik dan Wacana Seni Budaya Rupa Vol 12, No 1 (2020)
Publisher : Institut Seni Indoensia Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33153/brikolase.v12i1.3304

Abstract

Graphic art as a branch of fine art has advantages compared to other types of art. Graphic art or print art is art that makes it possible to reproduce an unlimited number of works. In the process of its creation Graphic art is familiar with a variety of techniques, namely high print techniques, screen printing techniques, flat printing and deep printing. To produce graphic arts, supporting materials such as tools and materials related to chemicals are needed. These chemicals in long-term use will endanger health. For this reason, the authors look for alternatives to the use of techniques for creating graphic art using carbon printing techniques. The research, entitled Exploration of Carbon Paper as an Alternative to Printing Ink in Graphic Art, seeks to find techniques that are safe, affordable, simple but can produce artistic graphic arts. Carbon printing technique uses carbon paper as the main material that is easily obtained, affordable and relatively safe for use by all people. Using carbon printing techniques also allows for the exploration of ideas and more diverse ideas involving ready made objects that are around the house. This carbon printing technique will be applied in the process of creating graphic arts with a focus on ideas about the relationship between mother and child. The outputs of this research are exhibitions, journals, and tutorials on the application of carbon printing techniques to the creation of graphic artwork. AbstrakSeni grafis sebagai cabang dari seni rupa mempunyai kelebihan dibandingkan jenis seni yang lain. Seni grafis atau seni cetak adalah seni yang memungkinkan untuk mereproduksi karya dalam jumlah yang tak terbatas. Pada proses penciptaannya Seni grafis mengenal beragam teknik, yaitu teknik cetak tinggi, teknik cetak saring, cetak datar dan cetak dalam. Untuk menghasilkan karya Seni grafis dibutuhkan material pendukung berupa alat dan bahan yang berhubungan dengan zat-zat kimia. Zat-zat kimia tersebut pada penggunaan jangka panjang akan membahayakan kesehatan. Untuk itu, penulis mencari alternatif penggunaan teknik penciptaan karya seni grafis dengan menggunakan teknik cetak karbon. Penelitian dengan judul Ekplorasi Kertas Karbon sebagai Alternatif Pengganti Tinta Cetak dalam Karya Seni Grafis ini berupaya mencari teknik yang aman, terjangkau, sederhana tetapi bisa menghasilkan karya seni grafis yang artistik. Teknik cetak karbon menggunakan bahan utama kertas karbon yang mudah diperoleh, harga terjangkau dan relatif aman untuk digunakan oleh semua kalangan. Dengan menggunakan teknik cetak karbon juga memungkinkan untuk eksplorasi ide dan gagasan yang lebih beragam melibatkan benda-benda ready made yang ada di sekitar rumah. Teknik cetak karbon ini akan diaplikasikan dalam proses penciptaan seni grafis dengan fokus gagasan mengenai hubungan ibu dan anak. Hasil luaran dari penelitian ini berupa pameran, jurnal, dan tutorial aplikasi teknik cetak karbon pada penciptaan karya seni grafis. 
STRATEGI PENINGKATAN PROFIT PADA RUMAH MAKAN PATINKU MELALUI RE-DESIGN PACKAGING John Thang; Desipriani Desipriani
Brikolase : Jurnal Kajian Teori, Praktik dan Wacana Seni Budaya Rupa Vol 12, No 1 (2020)
Publisher : Institut Seni Indoensia Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33153/brikolase.v12i1.3179

Abstract

Rumah Makan Patinku is one of the restaurants in Medan that has an interesting characteristic of patin fish as special culinary preparations. Rumah Makan Patinku previously had some packaging before, but the restaurant owner thought that it had not gotten the maximum sales profit increase. Sales increased from the previous package by 15% while the owner wanted an increase in profit of 50%. Through the re-design packaging and the addition of others packaging designs, it is expected to realize an increase in sales profit of Rumah Makan Patinku as expected by the owner. This design phase uses qualitative research methods and SWOT analysis methods. The results of the design in the form of patin bakar packaging, patin goreng packaging, gembung bakar packaging, packaging for rice can also be for roast chicken, and paper cups for hot drinks such as: hot tea and hot coffee.Abstrak Rumah Makan Patinku adalah salah satu rumah makan di Medan yang memiliki karakteristik ikan patin sebagai sajian kuliner spesial. Rumah Makan Patinku sebelumnya memiliki beberapa kemasan sebelumnya, tetapi menurut pemilik rumah makan kurang memberikan peningkatan keuntungan penjualan. Profit penjualan meningkat dari kemasan yang dirancang sebelumnya sebesar 15% sementara pemilik menginginkan peningkatan laba 50%. Melalui re-design packaging dan penambahan desain kemasan lainnya, diharapkan dapat mewujudkan peningkatan profit penjualan Rumah Makan Patinku seperti yang diharapkan oleh pemiliknya. Tahap perancangan ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan metode analisis SWOT. Hasil perancangan berupa kemasan patin bakar, kemasan patin goreng, kemasan gembung bakar, kemasan untuk nasi putih juga bisa untuk ayam bakar, dan paper cup untuk minuman panas seperti: teh panas dan kopi panas. 

Page 1 of 1 | Total Record : 6